30 April, 2009

- Setelah Dicopot PAN, Andi Harun Dipastikan Balik Lagi ke DPRD Kaltim

Anggota Lama DPRD KALIMANTAN TIMUR Tersisa Sepuluh orang


SAMARINDA – Wajah lama anggota DPRD Kaltim hampir pasti tinggal 20 persen a

GolkarImage via Wikipedia

tau tinggal 10 orang. Gambaran ini bisa dilihat dari hasil sementara penghitungan pleno KPU Kaltim yang berhasil direkapitulasi Kaltim Post untuk 13 kabupaten-kota. Tinggal penghitungan untuk Kota Samarinda yang ditunggu.

Hasil ini juga dilakukan cross check ke sejumlah partai politik (parpol) bahwa tercatat paling banyak 10 anggota DPRD Kaltim periode 2004-2009 yang bertahan. Ini dengan catatan prediksi kursi untuk daerah pemilihan (dapil) 1 Kota Samarinda tak ada perubahan.

The USS LSM-437, of the LSM-1 Class, while und...Image via Wikipedia

Hingga kemarin pleno terbuka KPU Kaltim masih menunggu hasil dari dapil 1 Kota Samarinda yang terbentur dengan persoalan di tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK). Yakni PPK Samarinda Seberang, PPK Samarinda Utara, dan PPK Ulu.

Sementara untuk empat dapil lainnya sudah selesai dibacakan dalam pleno KPU Kaltim. Penghitungan untuk Kabupaten Paser baru selesai pada Selasa (27/4) pukul 01.00 Wita.

SAN FRANCISCO - MAY 02:  Ada Wong blow dries a...Image by Getty Images via Daylife



Keempat dapil itu yakni dapil 2 (Balikpapan, Penajam Paser Utara, Paser), dapil 3 (Kukar, Kubar), dapil 4 (Bontang, Kutim, Berau), dan dapil 5 (Tarakan, Bulungan, Malinau, Nunukan, Tana Tidung).

Sepuluh anggota DPRD Kaltim periode 1999-2004 yang diprediksi masih bertahan, yakni, 3 orang dari Partai Golkar masing-masing Encik Widyani, Hatta Zainal, dan Dahri Yasin. Sementara dari PKS yang masih bertahan Zainal Haq dan Hadi Mulyadi. Untuk PPP, nama Kasriyah yang sekarang masih menjabat wakil ketua DPRD Kaltim juga dipastikan bertahan.

HMAS Balikpapan during an exercise in 2007Image via Wikipedia


Sementara dari PAN ada nama Ketua Fraksi PAN DPRD Kaltim Darlis Pattalongi dan Wakil Ketua DPRD Kaltim Sutrisno. Sementara dari Partai Patriot, Ketua Komisi II DPRD Kaltim Waris Husain juga dipastikan bertahan.

Yang menarik, Andi Harun yang sebelumnya dari PAN dan telah dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) beberapa bulan lalu, akan kembali ke DPRD Kaltim dengan perahu Partai Patriot.

Sedikitnya jumlah anggota DPRD wajah lama ini, ditanggapi positif sejumlah parpol. Ketua DPW PAN Kaltim Darlis Pattalongi mengaku, banyaknya wajah baru ini cukup baik karena berpeluang besar untuk dilakukan penyegaran kinerja. "Selama ini kan ada kritikan teman-teman LSM maupun praktisi bahwa kinerja DPRD cenderung monoton dari periode ke periode. Dengan hasil pemilu 2009 yang menempatkan banyak pendatang baru, tentu sangat berpeluang untuk penyegaran," beber Darlis.

Apalagi, lanjut dia, melihat para caleg yang akan masuk ke DPRD ini tentu memiliki kapasita

Indonesian rupiahImage via Wikipedia

s yang sudah teruji melalui seleksi masing-masing parpol. "Saya melihat, sebagian di antara mereka juga punya pengalaman sebagai anggota DPRD kabupaten kota. Jadi tinggal bagaimana melanjutkan tugas-tugas DPRD. Apalagi ukuran kinerja selama ini sudah ada," tandasnya.

Hal senada disampaikan politisi asal PKS Zainal Haq. Ia mengatakan, pendatang baru yang masuk, sebagian di antaranya hanya 'naik kelas' karena sebelumnya anggota DPRD kabupaten kota. Di antaranya bahkan ada mantan Wakil Wali Kota Balikpapan Mukmin Faisjal dan mantan Wakil Bupati PPU Ihwan Datu Adam.

"Jadi saya kira tak ada masalah dengan kinerja DPRD ke depan ini karena mereka yang masuk, cukup banyak pengalaman di bidang politik," sebutnya.

BalikpapanImage via Wikipedia



Untuk diketahui, beberapa anggota yang naik kelas, untuk Partai Golkar di antaranya Abdul Jalil Fatah dan Bahrid. Sedangkan dari PKS yakni Gunawarman, Ali Hamdi, dan kemungkinan besar Masykur Sarmian dari dapil Samarinda. Sementara dari PDIP yakni Agus Santoso dan Dody Rondonuwu. Sementara dari PPP kemungkinan Rusman Yakub yang sekarang menjabat ketua Komisi II DPRD Samarinda. (gs)
Reblog this post [with Zemanta]

No comments:

Post a Comment