30 April, 2009

Kasus PON XVII 2008 Kalimantan timurTerus Bergulir

Kasus PON XVII 2008 Kalimantan timurTerus Bergulir

SAMARINDA – Pengumpulan bukti dan pemanggilan saksi-saksi terus dilakukan Kejati Kaltim

from a distanceImage by vayastra via Flickr

dalam menyelidiki dugaan penyimpangan dana penyelenggaraan PON XVII Kaltim Juli lalu. Kamis (16/4) giliran Kepala Dispenda Hazairin Adha dan Kepala Biro Keuangan Pemprov Kaltim Fadliansyah. “Saya tadi (kemarin) memang dipanggil ke Kejati, namun, kapasitas saya sebagai kepala biro keuangan periode saat PON XVII berlangsung,” ujar Hazairin kemarin.

Mengenai apa materi pertanyaan yang dilontarkan Kejati, Hazairin mengaku semua berhubungan dengan keuangan. “Masih dalam tahap pemeriksaan saja. Biasa saja,” ujarnya.

Selain Hazairin, Kepala Biro Keuangan Pemprov Kaltim Fadliansyah juga dipanggil Kejati kemarin. “Salain saya, kepala biro keuangan juga dipanggil,” jelasnya.

Seperti diwartakan sebelumnya, Kejati Kaltim terus menyelidiki dugaan penyimpangan dana penyelenggaraan PON. Beberapa pejabat di lingkup Pemprov Kaltim yang terlibat dalam kepanitian event tersebut telah dimintai keterangan. Namun, pihak kejati masih enggan komentar banyak dengan alasan, kasus tersebut masih dalam tahap pengumpulan data. “Belum, ini ‘kan masih tahap pengumpulan data-data,” kata juru bicara Kejati Kaltim Syakhrony, yang juga kasi Penkum dan Humas Kejati beberapa waktu lalu.

Stadion Utama Kalimantan Timur dari dalamImage by susiloharjo via Flickr

Sementara itu, beberapa di antara pejabat yang dimintai keterangan menyatakan yang dipertanyakan kejati masih bersifat umum menyangkut dana penyelenggaraan PON sebesar Rp 622 miliar. Informasi yang dihimpun koran ini menyebutkan, pemanggilan jajaran Pengurus Besar (PB) PON kembali akan bergulir pekan depan. Namun, tidak disebutkan siapa saja yang akan dipanggil.

Stadion Utama Kalimantan Timur tampak depanImage by susiloharjo via Flickr

Mengenai dugaan penyimpangan dana PON ini, Kejati pada Rabu (15/4) memanggil Wakil Ketua IV Pengurus Besar (PB) PON XVII RP Siburian. Selain itu, juga datang Wakil Ketua Harian PB PON XVII Hermain Okol.

Di Kejati, Hermain hanya menyerahkan data-data karena beberapa hari sebelumnya telah diperiksa. Sementara Siburian, datang dimintai keterangan di ruang kerja Kasi Ekonomi dan Moneter pada Intelijen Kejati Abdul Qohar. Ia dimintai keterangan berkaitan dengan tugasnya di PB PON yang membidangi Upacara Pembukaan dan Penutupan (UPP), municipality and hospitality, serta Pekan Olahraga Cacat Nasional (Porcanas). (*/che)

Reblog this post [with Zemanta]

1 comment:

  1. hello...., the tenggarong bridge is my pic, maybe you should ask first before putting it to your blog :(

    ReplyDelete