29 April, 2009

23 Wajah Baru Warnai DPRD Kaltim


SAMARINDA – Hampir bisa dipastikan wajah-wajah baru akan mewarnai gedung DPRD Kaltim. Setidaknya ini tergambar dari hasil sementara pleno KPU Kaltim tentang penghitungan hasil pemilu di 14 kabupaten kota yang masih menyisakan Kota Samarinda dan Kabupaten Paser hingga Senin (27/4) malam tadi.

Namun hasil pemilu sudah bisa dihitung berdasarkan rekapitulasi 12 kabupaten kota yang sudah dibacakan dalam rapat terbuka KPU Kaltim pada 25-26 April di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda. Hasil penghitungan ini juga telah dilakukan cross check ke sejumlah partai Politik, seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra, Hanura, dan Partai Golkar.

Dari lima dapil untuk DPRD Kaltim, tiga dapil di antaranya sudah bisa dihitung yang akan duduk sebagai anggota DPRD Kaltim. Pasalnya tiga dapil ini sudah bisa dilihat Bilangan Pembagi Pemilih (BPP). Sebagai contoh untuk dapil 3 (Kukar dan Kubar). Total suara sah di kedua daerah ini mencapai 326.002 suara. Bila di dapil ini memperebutkan 12 kursi, maka Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) di dua daerah ini adalah 26.333 suara.

Dari total suara partai yang masuk, Golkar menempati peringkat pertama dengan jumlah 71.364 suara disusul PDIP dengan 54.229 suara, Partai Demokrat 32.916 suara, dan PAN dengan 21.525 suara. Disusul PKS, Partai Patriot, Gerindra, Hanura, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Setelah dilihat BPP yang mencapai 26 ribu dengan penghitungan berdasarkan undang-undang, maka Partai Golkar bisa meraih 3 kursi, PDIP dengan 2 kursi, dan Partai Demokrat hanya dapat 1 kursi. Sementara PKS, Patriot, Gerindra, Hanura, dan PPP berbagi 1 kursi. "Saya kira perhitungan ini juga tak berbeda dengan penghitungan kami dan saya kira tinggal menunggu hasil akhir pleno," kata Muhammad Rozai, ketua Deputi Politik dan Hukum DPW PKS Kaltim.

Ketua DPD Hanura Kaltim Hermawan Susanto juga menegaskan bahwa pihaknya juga sudah melakukan tabulasi. "Kalau Kukar sudah jelas, Pak Andarias yang masuk. Dua kursi lainnya, akan kami dapatkan di dapil 1 dan dapil 2," tandas Hermawan, kemarin.

Hal senada disampaikan Ketua Gerindra Syaifuddin DJ. Ia mengatakan untuk dapil 3 sudah meloloskan 1 kursi Iwan Lolang dan dirinya di dapil 4. "Kami juga yakin bisa raih satu kursi di dapil 1 dan dapil 2," tegasnya.

Bila melihat hasil sementara ini khususnya di 3 dapil, yang menarik anggota DPRD yang akan masuk ke DPRD didominasi wajah baru. Wajah lama yang masih bertahan yakni Hatta Zainal (Partai Golkar), Waris Husain (Partai Patriot), Darlis Pattalongi (PAN), Sutrisno (PAN), dan Zainal Haq (PKS).

Sedangkan 23 wajah baru yang sudah dipastikan masuk ke gedung DPRD adalah Syahrun (Partai Golkar), Marten Apuy (PDIP), Aji Sofyan Alex (PDIP), Windy Imelda (Partai Demokrat) dan Ali Hamdi (PKS). Kemudian ada Iwan Lolang (Gerindra), Andarias P Sirenden (Hanura), Syaparudin (PPP), Bahrid Buseng (Partai Golkar), dan Wibowo Handoko (Partai Demokrat).

Selanjutnya Galamis (PPP), Ismail ST (PDK), Dody Rondonuwu (PDIP), Saifuddin DJ (Gerindra), Artya Fathra Marthin (PDS), Abdul Jalil Fatah (Partai Golkar), dan Arsyad Thalib (Partai Golkar). Kemudian, Chairiah Budiman Arifin (Partai Demokrat), Laura Hafid (PBB), Datu Yasir Arafat (PDIP), Rahmad Majid Gani (PAN), Ahmad Abdullah (PKS), Masitah (PPP), dan Yefta Berto (PDS). (gs)

No comments:

Post a Comment