03 May, 2009

Rakernas PAN di Yogya

Mayoritas DPW Minta PAN Segera Sandingkan Hatta dengan SBY

Yogyakarta - Peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN di Yogyakarta meminta PAN segera memutuskan koalisi dengan Partai Demokrat dan meminta kader terbaik PAN Hatta Rajasa sebagai cawapres SBY. Masukan itu disampaikan oleh 28 DPW dari 31 DPW yang hadir.

"28 DPW aklamasi untuk berkoalisi dengan Demokrat dan mengajukan Hatta Rajasa sebagai cawapres SBY. Hanya 3 DPW yang tidak menyebut soal ini," kata anggota SC Rizal Jalil kepada wartawan di sela-sela Rapimnas PAN di Hotel Sheraton, Jl Laksda Adi Sucipto, Yogyakarta, Sabtu (2/5/2009). Tiga DPW tersebut yakni Jatim, Sulbar dan Maluku Utara.

Menurut Rizal, keputusan ini akan dijadikan masukan bagi PAN untuk menentukan koalisi dalam pilpres mendatang. Karena itu, dia meminta semua kader PAN mendukung dan mengamankan hasil Rakernas PAN.

Sebelumnya, antara Ketua MPP PAN Amien Rais dan Soetrisno Bachir telah sepakat bahwa Rakernas PAN di Yogyakarta tidak akan menyebutkan nama kader sebagai cawapres dan memberikan peluang seluas-luasnya kepada kader terbaik PAN untuk dipinang sebagai cawapres oleh semua calon.

Kesepakatan antara Amien dan SB itu terdiri dari 5 poin. Pertama, menjaga integritas partai sesuai dengan landasan platform, visi dan misi PAN.

Kedua, mendahulukan prinsip kekeluargaan dalam tubuh PAN dalam pengambilan keputusan yang harus didasarkan pada keputusan bersama antara Ketum dan ketua MPP.

Ketiga, setiap pengambilan keputusan dilakukan dengan prinsip musyawarah tanpa voting. Keempat, Rakernas dilaksanakan dua kali yakni di DIY 2 Mei dan di Jakarta 9 Mei yang harus dihadiri oleh Ketum dan Ketua MPP.

Kelima, kesimpulan Rakernas Yogya tidak sebutkan nama kader sebagai cawapres.
( anw / nrl )
Reblog this post [with Zemanta]

No comments:

Post a Comment