07 May, 2009

KPU Umumkan Hasil Pemilu 2009 Tepat Waktu


Komisi Pemilihan Umum (KPU) dipastikan akan memenuhi jadwal pengumuman dan penetapan hasil Pemilu 2009 pada 9 Mei lusa. Meski hingga H-2 ini baru 85 persen suara nasional yang sudah ada hasil rekapitulasinya.

"KPU siap mengumumkan hasil penghitungan suara dan komposisi kursi legislatif tanggal 9 Mei 2009 dan dijadwalkan pada pada pukul 19.30 WIB," ujar Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (7/5/2009).

Pernyataan Ketua MK ini merupakan salah satu hasil rapat koordinasi tentang perkara penyelesaian hasil Pemilu 2009. Rakor diikuti oleh Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary, Ketua MA Harifin A Tumpa, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri dan Ketua Bawaslu Nur Hidayat Sardini.

Sejauh ini masih ada 5 provinsi yang hasil suaranya belum tuntas dihitung. Dua di antaranya adalah Papua dan NTT yang kebetulan pelaksanaan pemungutan suaranya di beberapa daerah pemilihannya tidak bisa serempak dengan jadwal nasional.

Seperti diberitakan, pelaksanaan rekapitulasi manual yang kelak akan ditetapkan sebagai hasil Pemilu 2009 dan rujukan bagi pembagian kursi legislatif 2009-2014, tidak sepenuhnya mulus. Ada banyak perwakilan partai politik yang menolak mengesahkan hasil penghitungan suara di tingkat KPUD karena menduga ada praktek penggelembungan dan pencurian suara.
Reblog this post [with Zemanta]

No comments:

Post a Comment