08 May, 2009

Menimbang Peluang Hatta Radjasa

Seperti diduga, Partai Amanat Nasional (PAN) memutuskan Hatta Rajasa sebagai cawapres yang akan mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Pilpres 2009. Hatta, yang memang dari awal dijagokan oleh Ketua MPP PAN Amien Rais, tinggal menunggu saja putusan SBY.

Mungkinkah SBY akan menerima Hatta? Sebagai menterinya SBY, Hatta memang mempunyai kedekatan dengan suami Ani Yudhoyono tersebut. "Hatta dengan Pak SBY chemistry kena," ujar pengamat politik dari LIPI, Lili Romli kepada detikcom, Minggu (3/5/2009).

Tapi, menurut Lili, chemistry saja tak cukup. Apalagi, selama ini ada beberapa nama cawapres SBY yang dianggap lebih kuat dan memiliki basis massa yang lebih banyak.

"Misalnya Hidayat Nurwahid. Dalam berbagai survei, peluangnya lebih besar dibanding cawapres lainnya," kata Lili.

Di samping itu, imbuh Lili, tidak bulatnya dukungan PAN terhadap Hatta menjadi catatan tersendiri buat SBY. Dikhawatirkan, PAN tidak maksimal mendukung SBY-Hatta.

BOGOR, INDONESIA - NOVEMBER 20:  In this hando...Image by Getty Images via Daylife


"Tapi saya kira Pak Amien masih punya pengaruh di Muhammadiyah. Jadi jalur Muhammadiyah masih kuat," imbuhnya.

Soal ketidakhadiran Soetrisno Bachir saat memutuskan hasil Mukernas? "Mungkin ini karena Pak Amien Rais mendahului (SB) yang membuat ketersinggungan DPP," jawab Lili.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum berterimakasih atas dukungan PAN terhadap pencapresan SBY. Namun soal Hatta yang diusulkan PAN, semua berpulang kepada SBY, sang penentu siapa pendampingnya.
Reblog this post [with Zemanta]

No comments:

Post a Comment