12 April, 2009

Harapan Angin Segar di Gedung Dewan

Harapan Angin Segar di Gedung Dewan

BALIKPAPAN - Pelaksanaan pemungutan suara baru saja berlalu. Para elite partai politik (parpol), caleg, dan partisan masih berharap-harap cemas soal perolehan suara parpol maupun caleg pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) kali ini.

Betapa tidak, sudah cukup waktu, tenaga dan biaya untuk menuju gedung wakil rakyat, baik tingkat kota, provinsi maupun pusat. DARI hasil perolehan suara sementara KPU Balikpapan, Partai Golkar masih mendominasi perolehan suara 2 di daerah pemilihan (dapil) 3 Balikpapan Tengah dan dapil 4 Balikpapan Selatan.

Ini sama terjadi pada saat Pemilu 2004 lalu. Sementara, dapil 1 Balikpapan Barat yang sebelumnya dikenal basis PPP, Golkar dan Patriot, didominasi perolehan suara PDIP. Untuk dapil Balikpapan 2 Balikpapan Utara-Timur, belum ada perolehan suara yang terekapitulasi.

Pengamat Sosial dan Politik Balikpapan Tamzil Yusuf berpendapat, warga tampaknya sudah memilih parpol yang di dalamnya memiliki figur yang sudah cukup dikenal. Walaupun para pemilih itu belum tentu tahu positif atau tidaknya figur atau caleg tersebut.

Mendominasinya partai lama dimungkinkan kecenderungan pemilih memilih partai yang banyak diberitakan media massa, dan menjadi perbincangan publik saat ini. Tetapi tidak bisa dipungkiri juga, banyaknya suara untuk parpol lama berasal dari para pemilih tradisional yang selama ini cukup setia memilih partai yang sama setiap pemilu.

Untuk partai baru seperti Hanura dan Gerindra, katanya, kendati belum mencapai hasil yang diinginkan, namun perolehan suaranya bisa dikatakan lumayan untuk dapat merebut simpati para pemilih. “Kita berharap saja ada beberapa angin segar di DPRD nanti, lewat caleg-caleg yang terpilih nanti,” katanya.

Ia melanjutkan, untuk setengah bursa caleg Partai Golkar adalah muka-muka lama yang ditambah oleh tokoh baru. Begitu juga dengan PKS yang di mana para calegnya setengah adalah muka lama dan baru.

Sementara, yang cukup baru adalah berada di PDI-P dan Demokrat. Angin segar yang diharapkan adalah melalui lahirnya anggota-anggota DPRD baru dari wajah-wajah baru para caleg yang bertarung. “Saya prediksi 70 persen kursi DPRD nanti, ditempati wajah-wajah baru.

Apalagi jumlah kursi untuk periode 2009-2014 ini telah bertambah 5 atau menjadi 45 kursi,” terang mantan Anggota KPU Balikpapan ini. Dengan hadirnya para anggota dewan yang baru itu diharapkan dapat memberikan perubahan dalam dinamika di DPRD, juga dalam pengambilan kebijakan, pembuatan peraturan, dan pelaksanaan fungsi legislasi itu sendiri.

Tamzil mengatakan, hal yang menarik yang kemungkinan terjadi di DPRD nanti adalah saat pemilihan unsur pimpinan, baik ketua maupun wakil ketua. Sebagaimana diketahui, lanjutnya, jabatan ketua DPRD otomatis diduduki oleh partai yang memiliki banyak kursi.

Selanjutnya dua wakil ketua, diduduki oleh dua partai selanjutnya yang mendominasi kursi di DPRD. Sementara, Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan Agung Sakti Pribadi mengatakan, dalam Pileg ini ia melihat masih banyaknya sikap pemilih yang belum dewasa.

Maksudnya, para pemilih memilih hanya atas dasar materialistis, tanpa melihat kualitas parpol maupun caleg. “Bisa dikatakan mereka memilih karena caleg atau parpol itu baik, bukan karena ia berkualitas.

Nah, ini yang banyak dilakukan para pemilih tradisional,” ujar dia. Sehingga, kata Agung, ia masih ragu-ragu Pileg kali ini menghasilkan apa yang diharapkan oleh rakyat selama ini yang menginginkan sebuah perubahan atau menuju ke arah yang lebih baik.(tom)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment